Ilmuwan dan Peneliti Muda SGU Ciptakan Ventilator PreVent 2.0 untuk Pasien Covid-19

Ilmuwan dan peneliti muda Swiss German University (SGU) dengan ventilator PreVent 2.0 untuk Pasien Covid-19 ciptaannya
Ilmuwan dan peneliti muda Swiss German University (SGU) dengan ventilator PreVent 2.0 untuk Pasien Covid-19 ciptaannya (KalderaNews/Humas SGU)
Sharing for Empowerment

TANGERANG, KalderaNews.com – Para ilmuwan dan peneliti Swiss German University (SGU) berhasil menciptakan alat bantu pernafasan yang mampu untuk mempelajari kondisi pernafasan pada pasien penderita Covid-19 bernama PreVent 2.0.

Temuan alat ini dapat membantu tenaga medis dalam melakukan pengaturan kerja ventilator dengan baik dan benar, terlebih tatkala angka pasien semakin tinggi setelah masa Lebaran dan dimulainya era new normal.

Ventilator ini mampu mendeteksi kondisi pasien yang memburuk dan akan memberikan peringatan dini agar mampu melakukan penanganan yang tepat dan cepat.

BACA JUGA:

“Ventilator jenis resuscitator ini dibutuhkan untuk memberikan bantuan awal pada pasien Covid-19 yang mengalami sesak napas maupun gagal pernapasan sampai ventilator yang sesuai dengan gejala pasien tersedia,” tegas Ketua Program Studi Mekatronik di SGU, Leonard Rusli, Ph.D yang turut serta dalam proyek pembuatan ventilator ini dalam kapasitasnya sebagai kepala proyek.

Temuan ini juga melibatkan ilmuwan dan peneliti muda, yakni Theresia Dyah Arum, S.T dalam hal pemograman dan kontrol, Yohanes Freddy, M.D sebagai perancangan mekanik, dan Nova Kristian, S.T yang melakukan perancangan elektronik.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*