Cara Menyenangkan Baca Buku Teks Setebal Bantal: Resep dari Harvard

Eben E. Siadari adalah alumni Advanced Course for Practical Journalism, Thomson Foundation, Cardiff Wales, bekerja sebagai penulis dan trainer kepenulisan, buku karyanya antara lain Esensi Praktik Menulis (2019), tinggal di Jakarta.
Sharing for Empowerment

Oleh Eben E. Siadari *

JAKARTA, KalderaNews.com — Salah satu kejutan bagi mahasiswa baru ketika memasuki dunia universitas adalah diharuskan membaca buku teks yang halamannya bisa setebal bantal. Ini seakan sudah jadi tradisi. Jika buku teks harus berukuran ‘kolosal.’ Sejak zaman generasi baby boomers hingga generasi Y. Setebal apa pun buku yang pernah kamu baca di SMA, tak dapat dibandingkan dengan buku teks di bangku universitas.

Di Fakultas Ekonomi, di antara buku teks wajib yang tebal itu adalah Principles of Economics. Ada berbagai versi, ditulis oleh profesor yang berbeda. Namun satu hal yang membuat semuanya sama selain judulnya adalah ketebalannya. Sungguh menakutkan.

Salah satunya adalah Principles of Economics yang ditulis oleh N. Gregory Mankiw. Dia profesor Ilmu Ekonomi di Harvard University. Buku karyanya menjadi buku teks wajib di sejumlah Fakultas Ekonomi di Indonesia. Saya sudah ukur tebalnya. Sekitar 8 cm. Jumlah halamannya 856. Dibagi dalam 13 bagian dan 36 bab, daftar isinya saja menempati 14 halaman.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*