Inspirasi dari Rambut Pendek Ibu Guru Shannon

Sharing for Empowerment

Kisah Ibu Guru Shannon dan Priscilla, yang saya sajikan juga sebagai satu dari 56 kisah inspiratif dalam buku Kerupuk Kampung untuk Gadis Berkacamata Bill Gates (terbit di bulan April 2020), sesungguhnya akrab dalam keseharian kita meskipun dalam bentuk yang tidak selalu mirip. Survei yang dilakukan OECD dalam Programme for International Student Assesment (PISA) menunjukkan 41 persen siswa di Indonesia pernah mengalami perundungan selama beberapa kali dalam sebulan. Angka ini berada di atas angka rata-rata OECD sebesar 23 persen.

Seringkali anak-anak tidak berterus-terang dengan perundungan yang dialaminya. Mereka kemudian memilih bolos (21 persen) atau terlambat datang ke sekolah (51 persen) karena perundungan yang mereka alami.

Semoga apa yang dilakukan Ibu Guru Shannon dan Priscilla dapat menginspirasi pembaca.

* Eben E. Siadari adalah alumni Advanced Course for Practical Journalism, Thomson Foundation, Cardiff Wales, bekerja sebagai penulis dan trainer kepenulisan. Buku karyanya antara lain Esensi Praktik Menulis (2019), The Beautiful Sarimatondang (2020), Perempuan-perempuan Batak yang Perkasa (2020) dan Kerupuk Kampung untuk Gadis Berkacamata Bill Gates (2020).




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*