Universitas Muhammadiyah Purwokerto Kembangkan Robot Perawat Covid-19

Fakultas Taknik dan Sains UMP (kiri): Rosita, robot untuk membantu tim medis Covid-19 (kanan). (Dok. UMP)
Fakultas Taknik dan Sains UMP (kiri): Rosita, robot untuk membantu tim medis Covid-19 (kanan). (Dok. UMP)
Sharing for Empowerment

PURWOKERTO, KalderaNews.com – Tim Fakultas Teknik dan Sains Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Jawa Tengah sedang mengembangkan robot untuk menjadi asisten perawat Covid-19. Robot ini dapat mendistribusikan obat, makanan, minuman, serta dapat mengukur suhu tubuh pasien isolasi Covid-19

BACA JUGA:

Robot yang didesain semi otomatis ini diberi nama Rosita. Pada tahap awal, Rosita akan diproduksi satu unit sebagai prototype. Ia akan diujicobakan di rumah sakit rujukan Covid-19 PKU Muhammadiyah Gombong di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Setelah masa uji coba, robot ini akan diproduksi sesuai kebutuhan rumah sakit rujukan Covid-19 di sekitar Banyumas, Jawa Tengah.

Dekan Fakultas Teknik dan Sains UMP, Teguh Marhendi mengatakan, Rosita adalah robot yang dapat digunakan untuk membantu perawat atau tenaga kesehatan di rumah sakit, terutama yang merawat pasien Covid-19. Selain itu, lanjut Teguh Marhendi, robot ini juga mampu menyemprotkan cairan disinfektan untuk membantu mensterilkan ruangan isolasi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*