Charles Lim: Indonesia Jadi Sasaran Empuk Serangan Siber

Sharing for Empowerment

Ia lantas memberikan langkah untuk mengamankan data dan identitas diri dengan jangan langsung membuka tautan yang dikirimkan dari orang tertentu.

“Jangan segera membuka. Cek dulu, memang orang ini (yang dikenal) yang mengirim,” pesan Charles.

Dikhawatirkan, tautan tersebut menjadi celah bagi attacker untuk melakukan phising atau dikenal dengan istilah pencurian akun target.

Charles juga menyarankan untuk menggunakan 12 karakter pada password yang digunakan. Password juga berisikan angka dan karakter spesial, contohnya seperti tanda baca.

Gunakan sistem two-factor authentication. Sistem tersebut memberikan otentikasi akses setelah berhasil memberikan dua atau lebih bukti untuk mekanisme otentikasi: pengetahuan, kepemilikan, dan bawaan, demikian ditandaskan dosen di universitas internasional pertama di Indonesia tersebut.

Menariknya, Swiss German University (SGU) sebagai universitas internasional pertama di Indonesia yang peduli dengan pencerdasan anak bangsa saat ini menawarkan program beasiswa, termasuk Program Beasiswa Program Master (S2) Double Degree yang dibuka untuk 75 profesional muda.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*