Pastoralisme Kota Kecil dalam Lagu-lagu Didi Kempot

Sharing for Empowerment

Di tahun 1970-an dan 1980-an ketika riset itu dilakukan, industrialisasi bergerak dengan cepat di AS. Teknologi merasuki semua lini kehidupan. Kompetisi sengit terjadi dan nilai-nilai individualisme yang kapitalistik menjadi landasan pengambilan keputusan. Tidak terkecuali dengan media, juga menyuarakan nilai-nilai individualistik, kapitalisme disamping demokrasi.

Pada situasi yang demikian terdapat bagian masyarakat yang merasa terancam atau bahkan tersingkir. Perubahan besar yang mendatangkan ketidakpastian tidak diterima sebagai kertas kosong tetapi dikritisi bahkan dicurigai.

Sebagian media dan wartawan menyuarakan hal ini dan mereka bahkan menjadi jurubicaranya. Kehidupan kota kecil yang penuh kerukunan dan persahabatan menjadi gambaran idealistik, sedangkan ciri kehidupan kota adalah kesemrawutan dan kriminalitas.
Pastoralisme kota kecil memandang curiga industrialisasi dan pembangunan, karena hasil akhirnya selalu yang besar mengalahkan yang kecil. Industrialisasi juga dipandang sebagai beroperasinya mesin menyingkirkan manusia.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*