Pomodoro, Teknik Manajemen Waktu di Saat Pandemi Corona yang Milenialis Wajib Tahu

Pomodoro, teknik mengelola waktu dari Italia (Wikipedia)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com — Mengelola waktu di masa pandemi corona gampang-gampang susah. Kamu yang stay at home, barangkali pernah mengalaminya. Tiba-tiba hari sudah sore, tetapi kamu merasa belum mengerjakan apa-apa. Sibuk tetapi tidak menyelesaikan satu target pun.

Pomodoro adalah teknik mengelola waktu dari Italia. Caranya sederhana, mudah namun efektif. Intinya, ia membantu kamu dapat fokus pada hal-hal penting, tanpa melewatkan hal-hal lain yang juga penting.

Teknik ini saat ini sudah dipakai lebih dari 2 juta orang di seluruh dunia. Penemunya seorang Italia bernama Francesco Cirillo, pada akhir tahun 1980-an.

Pada prinsipnya, Pomodoro mengajarkan kita untuk memilih satu target pekerjaan yang kita anggap penting pada satu hari itu, dan berfokus menyelesaikannya tanpa diganggu oleh hal lain. Agar tidak melelahkan, bagilah pengerjaan tugas itu dalam interval waktu. Setiap satu interval waktu disebut Pomodoro.

Misalnya, (ini yang paling banyak dipilih), 25 menit. Maka setiap 25 menit, disebut satu Pomodoro. Setiap satu Pomodoro selesai, ambillah waktu untuk rehat sejenak, untuk kemudian melanjutkannya pada 25 menit selanjutnya. Demikian seterusnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*