Puasa Dapat Turunkan Berat Badan Hingga Rata-rata 1,2 Kg, Ini Menu Buka dan Sahur yang Ideal

Sharing for Empowerment

Sebagai pengganti kurma, bisa juga buah semangka, melon atau papaya. Selain itu, berbuka dengan makan sup seperti puree atau sop berkuah juga baik.

Setelah sholat magrib baru mengonsumsi makanan yang memiliki serat pangan seperti sayur dan buah, nasi atau whole wheat bread. Perhatikan pula, sebelum dan sesudah sholat tarawih hendaknya tetap menambah konsumsi air minum untuk mencegah dehidrasi saat berpuasa.

Makanan asin dan gorengan menjadi menu yang perlu untuk dihindari karena natrium bisa membuat dehidrasi. Jika terjadi over eating saat berbuka dengan gorengan atau makanan berlemak tanpa diimbangi dengan serat dan minum yang cukup dapat meningkatkan berat badan saat puasa.

2). Asupan Ideal Saat Sahur

Saat sahur sebaiknya memakan makanan yang tinggi serat dan karbohidrat kompleks. Caranya usahakan selalu mengonsumsi sayur dan buah saat sahur. Hal ini penting untuk memperlambat rasa lapar saat puasa di siang harinya.

Secara umum, ketika berbuka dan sahur, tetap mengikuti anjuran makanan gizi seimbang. Pada setiap porsinya, hendaknya makanan diisi dengan setengah sayur dan buah dan setengah lainnya berisi makanan pokok dan lauk.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*