Milenial Pasti Merindukan Kuliner Ini Saat Ramadan, Yuk Simak!

Ilustrasi: Aneka penganan saat bulan Ramadan. (Ist.)
Ilustrasi: Aneka penganan saat bulan Ramadan. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Bulan Ramadan hadir setahun sekali. Ramadan selalu dirindu setiap umat Islam. Selalu ada hal menarik dalam setiap bulan Ramadan. Nah, salah satunya adalah makanan dan minuman.

BACA JUGA:

Meskipun bulan puasa, namun Ramadan selalu menghadirkan makanan dan minuman yang khas. Bahkan ada makanan dan minuman yang hadir hanya kala Ramadan.

So, kuliner apa saja sih yang selalu kau rindu saat Ramadan tiba? Yuk simak!

Kurma

(foto: Ist.)

Buah kurma memang khas bulan Ramadan. Memakan buah kurma saat berbuka puasa merupakan sunah Nabi Muhammad SAW bagi umat Islam. Buah yang berasal dari Timur Tengah ini selalu hadir di bulan Ramadan. Untuk mendapatkannya pun tak terlalu sulit. Kini, kamu memesan buah kurma secara online di laman atau platform jual beli online.

Kolak

(foto: Ist.)

Menu dessert manis yang terbuat dari pisang dan ubi jalar yang direbus dengan kuah santan ini memang yang paling khas selama Ramadan. Kudapan ini paling cocok untuk berbuka puasa. Nah, karena sedang pada masa pandemi Covid-19 dan mesti di rumah saja, kamu bisa kok membuat kolak sendiri. Karena Ramadan sudah kian mendekat, yuk buruan beli bahan-bahannya, Gaes!

Es Timun Suri, Es Blewah dan Es Cincau

(foto: Ist.)

Minuman segar ini memang selalu mengalami masa kejayaan di bulan Ramadan. Khusus untuk timun suri dan blewah seolah-olah hanya ada saat Ramadan. Hanya ditambah sirup dan susu kental manis, atau potongan agar-agar dan buah lainnya, baik buah timun suri, blewah, dan cincau memang amat segar dan nikmat disantap untuk berbuka puasa.

Kicak

(foto: Ist.)

Penganan ini berasal dari Yogyakarta. Dan selalu hadir saat Ramadan tiba. Makanan ini terbuat dari ketan putih tanak yang dihaluskan, biasanya dicampur dengan parutan kelapa dan potongan buah nangka sebagai pelengkap. Kebayang ya, manis dan harumnya buah nangka berbaur dengan gurihnya ketan berbalut parutan kelapa.

Bangka Kopyor

(foto: Ist.)

Kalau yang ini berasal dari Gresik, Jawa Timur. Menu yang hanya ada saat bulan Ramadan ini terbuat dari tepung terigu, buah kelapa kopyor, pisang, nangka, santan serta roti tawar.

Pakat

(foto: Ist)

Menu yang satu ini berasal dari Tapanuli. Pakat ini terbuat dari rotan muda yang dibakar. Jadi, rotan yang masih muda dibakar di atas tungku selama satu jam, lalu dikupas dan diambil bagian dalamnya yang berwarna putih. Nah, setelah dipotong-potong, daging rotan ini siap disantap dengan kuah santan agar lebih nikmat.

Sate Susu

(foto: Ist.)

Penganan khas Bali ini dibuat dari kulit kantung susu sapi, dan hanya hadir saat bulan Ramadan. Sate ini dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh, maka amat cocok sebagai teman bersantap sahur maupun berbuka puasa nanti ya, Gaes! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan di-share pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*