Stereotip Rasial di Tengah Wabah Covid 19

Sharing for Empowerment

Media dan Stereotip

Dalam buku-buku teks Jurnalistik, menulis berdasarkan stereotip selalu disarankan untuk dihindari karena ia mencerminkan kemalasan berfikir. Diperlukan kesabaran dan ketrampilan untuk tidak menulis stereotip sebagai fakta.

Namun, disadari atau tidak, media juga kerap terlibat dalam stereotip negatif, terutama stereotip rasial. Di AS, riset yang paling banyak dilakukan adalah bagaimana media berperan menciptakan stereotip negatif tentang masyaraka Afro-Amerika.

Gregg Hoffman, dalam Racial Stereotyping in the News: Some General Semantics, mengemukakan dalam studinya terhadap pemberitaan 400 media di AS tampak bahwa sebagian besar pemberitaan tentang masyarakat Afro Amerika ialah dalam keterlibatan mereka pada masalah-masalah kriminal dan masalah kesejahteraan. Liputan foto tentang golongan masyarakat ini juga menekankan hal itu. Ini selanjutnya memperdalam tertanamnya stereotip negatif tentang masyarakat Afro-Amerika di kalangan pembaca.

Hoffman menilai ada empat area kunci yang menyebabkan pemberitaan yang menekankan stereotip dapat terjadi dan area ini menjadi area kunci untuk perbaikan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*