Mengatasi Kesulitan Menemukan Kalimat Pembuka dalam Menulis

Eben E. Siadari adalah alumni Advanced Course for Practical Journalism, Thomson Foundation, Cardiff Wales, bekerja sebagai penulis dan trainer kepenulisan, buku karyanya antara lain Esensi Praktik Menulis (2019), tinggal di Jakarta.
Eben E. Siadari adalah alumni Advanced Course for Practical Journalism, Thomson Foundation, Cardiff Wales, bekerja sebagai penulis dan trainer kepenulisan, buku karyanya antara lain Esensi Praktik Menulis (2019), tinggal di Jakarta (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

Oleh: Eben E. Siadari *

JAKARTA, KalderaNews.com – Salah satu syarat untuk dapat menulis ialah memulai menulis. Syarat ini berlaku bagi penulis pemula maupun penulis berpengalaman. Ia mengikat penulis amatir yang menulis untuk menyalurkan hobi, maupun para penulis profesional, yang mendapat nafkah dari pekerjaan menulis. Syarat ini juga tak mungkin dihindari oleh mahasiswa yang menulis untuk tugas kuliah atau calon profesor yang berharap tulisannya dimuat di jurnal internasional. Semuanya harus memulai menulis bila ingin menghasilkan tulisan.

Pernyataan ini mungkin terdengar terlalu jelas tanpa perlu dikatakan. It goes without saying. Namun menariknya, alasan yang sudah menjadi klasik ini masih menghinggapi banyak penulis maupun calon penulis. Tak peduli pengalaman menulis maupun genre tulisan mereka, mereka sering mengeluhkan hal yang sama. “Aku sulit memulainya. Tak menemukan kalimat pembukanya,”

Kalimat pembuka atau intro atau disebut juga lead  memang acap kali menjadi momok tidak kunjung rampungnya tulisan. Selalu ada alasan untuk mengubah, mengganti, menghapus dan mencari yang baru lagi, karena merasa lead yang baru saja dibuat, kurang pas. Yang lebih ekstrem, satu kata pun akhirnya tak pernah dituliskan karena merasa kehilangan gagasan untuk membuat kalimat pembuka.  “Mencari kata yang pas untuk memulai,” kerap menjadi alasan untuk menunda, dan akhirnya tulisan yang diinginkan tak pernah eksis.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*