4 PTS dan 5 PTN di Indonesia yang Tawarkan Jurusan Aktuaria

Company and Campus Visit (CCV) HMPS Matematika Universitas Katolik Parahyangan. Melalui kunjungan perusahaan (company visit), mahasiswa Program Studi Matematika diperkenalkan pada dunia kerja sehingga dapat membuka wawasan para mahasiswa tentang peranan lulusan matematika di berbagai bidang pekerjaan
Company and Campus Visit (CCV) HMPS Matematika Universitas Katolik Parahyangan. Melalui kunjungan perusahaan (company visit), mahasiswa Program Studi Matematika diperkenalkan pada dunia kerja sehingga dapat membuka wawasan para mahasiswa tentang peranan lulusan matematika di berbagai bidang pekerjaan (KalderaNews Unika Parahyangan)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Program studi atau jurusan Aktuaria sudah lama eksis di luar negeri. Tapi di Indonesia, bahkan dalam tiga tahun terakhir, gaungnya masih samar.

Pemerintah pun telah menetapkan pilot project untuk jurusan atau program studi Aktuaria ini pada 9 perguruan tinggi, yakni 4 perguruan tinggi swasta (PTS) dan 5 perguruan tinggi negeri (PTN).

BACA JUGA:

4 perguruan tinggi swasta yang menyediakan jurusan Aktuaria adalah Surya University, Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Prasetiya Mulya, dan Universitas Pelita Harapan.

  1. Surya University
    Didirikan pada 2012 oleh Prof. Yohanes Surya, Ph.D., Surya University merupakan universitas berbasis riset pertama di Indonesia yang memiliki kemampuan dan potensi dalam mengembangkan Program Studi Aktuaria. Mayoritas para dosen pengajar memiliki gelar Doktor dari luar negeri dan sudah memiliki pengalaman kerja di luar negeri sebelum kembali ke Tanah Air untuk mengabdi dalam pengembangan ilmu Aktuaria dan Manejemen Risiko. Secara aktif, Surya University telah menjajaki kerjasama dengan PAI dalam rencana pembentukan jenjang S-1 Program Studi Aktuaria sejak tahun 2013. Untuk tingkat internasional, salah satu kerjasama yang sedang dijajaki oleh Surya University adalah potensi kerjasama dengan University of Waterloo, sebuah universitas ternama di Kanada dengan program Aktuaria yang merupakan salah satu terbaik di dunia, dalam pengembangan kurikulum Aktuaria di Surya University dan riset kolaborasi antara dosen dari kedua belah pihak. Riset kolaborasi juga sudah berjalan dengan dosen pakar Manajemen Resiko dari University of Alabama (AS) dan dosen pakar matematika financial dari Xi’an Jiaotong – Liverpool University, China.
  2. Universitas Katolik Parahyangan
    Program ini berada dalam Program Studi Matematika, Fakultas Teknologi Informasi dan Sains (FTIS). Untuk studi bidang Aktuaria di UNPAR, mahasiswa dapat mendaftar menjadi mahasiswa Program Studi Matematika melalui jalur PMDK, USM (Ujian Saringan Masuk), jalur khusus (a.l. undangan sebagai pemenang pada Kompetisi Matematika UNPAR), atau UMB-PTS (Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Swasta). Ada banyak alasan mengapa Program Studi Matematika UNPAR menjadi pilihan untuk studi Aktuaria, seperti Program Studi Matematika UNPAR memiliki peringkat akreditasi A sejak tahun 2005, Bidang peminatan aktuaria di UNPAR sudah dimulai sejak tahun 2008 dan kurikulum Program Studi Matematika UNPAR, khususnya Program Aktuaria, sesuai dengan silabus mata ujian PA.
  3. Universitas Prasetiya Mulya
    Matematika Aktuaria merupakan salah satu peminatan di program studi S1 Business Mathematics Universitas Prasetiya Mulya yang dibuka pada tahun 2017. Program ini menerapkan metode matematika dan ilmu statistika untuk menaksir risiko dalam industri asuransi dan keuangan. Universitas Prasetiya Mulya secara resmi telah menjalin kerjasama dengan Risk Management, Economic Sustainability and Actuarial Science Development in Indonesia (READI) Project. Kerjasama diinisiasi oleh School of Applied STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Prasetiya Mulya. READI Project dimotori oleh University of Waterloo. Matematika Aktuaria adalah satu dari tiga peminatan yang ditawarkan oleh Program Studi Matematika Business Mathematics, Universitas Prasetiya Mulya, selain Matematika Keuangan dan Matematika Industria. Matematika Aktuaria adalah disiplin yang mengaplikasikan metode matematika, statiska, komputasi, dan ekonomi untuk mengukur resiko keuangan khususnya pada industri asuransi, dana pensiun dan sektor keuangan lainnya. Kompetensi ini membekali mahasiswa untuk menjadi seorang Aktuaris profesional. Kurikulum Program Studi S1 Business Mathematics disusun dengan benchmark dari berbagai universitas ternama di dalam & luar negeri seperti University of Waterloo dan berbagai asosiasi profesi dalam dan luar negeri seperti Society of Actuaries (SOA), Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI), The Indonesian Mathematical Society (IndoMS), dll.
  4. Universitas Pelita Harapan
    Department Matematika di UPH berusaha untuk menfasilitasi kebutuhan akan lulusan Matematika yang dapat bekerja di berbagai bidang. Secara khusus, Departement Matematika UPH mempunyai tiga peminatan yang mahasiswa dapat ambil yakni: Matematika Aktuaria, Matematika Komputasi dan Matematika Bisnis. Khusus untuk Matematika Aktuaria, ilmu ini mengaplikasikan metode matematika dan statistika untuk menganalisa risiko dalam asuransi dan industri keuangan. Kurikulum mengintegrasikan konsep matematika dan ekonomi, termasuk pemodelan stokastik dan analisa investasi. Kurikulum dirancang supaya para mahasiswa siap menempuh ujian sertifikasi aktuaris. Aktuaris adalah para profesional di bidang keuangan dan asuransi yang menganalisa dan menangani dampak ekonomi dari risiko dan ketidakpastian. Profesi ini sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis profesional.

Sementara itu, 5 PTN yang dimaksud adalah Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

  1. Institut Pertanian Bogor
    Aktuaria IPB berada di FMIPA, baru menerima mahasiswa baru pada 2017 kemarin. Mahasiswa Aktuaria IPB dikenal kuat dalam bidang Matematika, terutama dalam menduga risiko, memproyeksikan nilai akumulasi cash flow, menghitung present value, dan memahami teori Aktuaria. Jika kamu ingin menjadi mahasiswa Aktuaria IPB, sebaiknya jangan hanya berharap pada SBMPTN – pertimbangkan pula peluangmu melalui jalur SNMPTN.
  2. Universitas Indonesia
    FMIPA UI juga punya Jurusan Aktuaria. Selain jalur tes, Aktuaria UI menerima mahasiswa baru melalui jalur prestasi pula. Misalnya kamu memenangi Olimpiade Sains, gunakan prestasimu itu untuk mengikuti seleksi masuk di Aktuaria UI. Mahasiswa Aktuaria UI tak hanya dapat menerapkan Ilmu Aktuaria pada industri keuangan dan asuransi, tapi juga cakap dalam matauji profesi Ajun Aktuaris oleh PAI.
  3. Institut Teknologi Bandung
    Meskipun ITB telah memiliki program magister Aktuaria sejak 1998, program sarjananya baru dibuka tahun ini. Untuk angkatan pertamanya, FMIPA ITB menerima 50 mahasiswa Aktuaria. Jika selama tahun berjalan ini permintaan dan kebutuhan akan calon Aktuaris masih meningkat, bisa jadi tahun depan akan ada peningkatan pula dalam penerimaan mahasiswa baru Aktuaria ITB.
  4. Universitas Gadjah Mada
    Usia Aktuaria UGM sama dengan Aktuaria ITB, baru dibuka pada tahun akademik 2018/2019. UGM sendiri punya kerjasama dengan Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) dan PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) untuk menghasilkan 1000 Aktuaris. Kerjasama tersebut tak hanya berupa penyelenggaraan program perkuliahan Aktuaria, tapi juga ujian profesi dan sertifikasi Aktuaris.
  5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
    Bukan FMIPA, Aktuaris ITS berada di Fakultas Matematika, Komputasi, dan Sains Data (FMKSD). Kerennya, ITS bekerjasama dengan University of Waterloo dalam dalam penyusunan kurikulum Aktuarianya.Bukan itu saja keunggulan Aktuaria ITS, tapi juga bahwa sains bidang ilmu ini diperuntukkan asuransi bencana, asuransi syariah, dan asuransi kelautan. Jika menjadi mahasiswa Aktuaria ITS tahun depan, maka kamu akan menjadi angkatan kedua di alma mater ini.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*