Melalui Warna “Membahasakan” Alam

Sharing for Empowerment
Foggy Morning Village, 56x76cm, 2018 karya Baskoro Sardadi
Foggy Morning Village, 56x76cm, 2018 karya Baskoro Sardadi (KalderaNews/Frigidanto Agung)

Rencana pameran tunggal Baskoro Sardadi akan digelar di Energy Tower, Kawasan SCBD Jakarta pada 6-9 April 2020 mendatang. Sejumlah karya akan digelar dengan beberapa tema tentang tumbuhan, bunga dan hewan. Pameran tunggal pertama berjudul “Semburat Tafsir Alam”. Melalui tema ini pelukis mencoba memperbaharui pengertian tentang alam melalui warna dengan semburat yang ditafsirkan dengan teknik cat air.

Apa yang dilakukan Baskoro Sardadi dalam melukis adalah “membahasakan” alam dengan warna-warna yang ada dalam cat air. Nuansa warna alami yang terpapar di atas medium lukisnya memperlihatkan bagaimana tematik obyek yang menjadi pilihannya nampak jelas dan indah dalam sudut pandang pelukis. Sehingga apa yang dilukiskannya menampakan komposisi warna yang segar dan memperlihatkan detail yang penuh keluasan.

The Last Sumatran Tiger, 56x76cm karya Baskoro Sardadi
The Last Sumatran Tiger, 56x76cm karya Baskoro Sardadi (KalderaNews/Frigidanto Agung)

Lukisan tentang bunga, tumbuhan, hewan dan lanskap yang mendominasi obyek lukisnya merupakan cara dirinya melihat detail dari alam dengan seluruh kesempurnaan dalam hidup ini. Semburat atau nuansa alami dalam mengejawantahkan penampakan warna alam, kadang, merupakan bagian untuk memberi kekuatan pada latar obyek dari lukisan yang dibuatnya, sebagai pengiring yang memberi kelebihan pada dimensi obyek lukisan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*