Kisah Cokelat untuk Valentine, Bagaimana Asal-Usulnya?

Ilustrasi: Cokelat Valentine (Ist.)
Ilustrasi: Cokelat Valentine (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap 14 Februari, kita merayakan hari Kasih Sayang alias Valentine. Di beberapa negara, Valentine merupakan waktu untuk berlibur dan mengungkapkan kasih sayang kepada orang-orang yang dicintai.

BACA JUGA:

Nah, selain itu, Valentine juga identik dengan penganan manis, cokelat. Mengapa cokelat bisa diidentikan dengan Valentine? Inilah penjelasannya:

Menurut Profesor Rebecca Earle yang mempelajari sejarah makanan, kisah cokelat ini bermula pada era Ratu Victoria di Inggris, di mana cokelat dijadikan sarana para pria untuk merayu, bahkan melamar perempuan pujaan hatinya. Profesor Earle menyatakan bahwa memberikan sekotak cokelat untuk perempuan muda adalah cara pria memperlihatkan kasih sayangnya.

Beberapa peneliti juga menyebutkan bahwa kandungan dalam cokelat dapat membangkitkan rasa senang dalam diri seseorang. Cokelat mengandung triptofan dan phenylethylamine, yaitu dua bahan kimia yang bisa mempengaruhi pusat kesenangan di otak. Selain itu, cokelat telah terbukti untuk menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan fungsi kognitif.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*