4 Skema Program Erasmus+ dari Uni Eropa untuk Universitas-universitas di Indonesia

Sharing for Empowerment

CBHE adalah program kerjasama Uni Eropa yang bersifat antar negara dan didasarkan pada kerjasama multilateral, utamanya dengan institusi pendidikan tinggi negara mitra yang telah memiliki program yang layak, dan didukung pendanaannya melalui instrumen-instrumen pembiayaan sebagaimana disebutkan di atas. CBHE juga terbuka untuk mengikutsertakan mitra non-akademis, untuk memperkuat hubungan dengan masyarakat dan dunia usaha, serta untuk mendorong dampak sistemik yang diharapkan dari program ini.

Semua ini dimungkinkan melalui kerjasama yang terstruktur dengan baik, pertukaran pengalaman dan praktik baik, serta mobilitas individual. Program CBHE bertujuan untuk:

  • Mendukung modernisasi, aksesibilitas dan internasionalisasi sektor pendidikan tinggi di negara mitra Uni Eropa–yang memenuhi syarat
  • Mendukung negara mitra Uni Eropauntuk menjawab berbagai tantangan yang dihadapi oleh sistem dan institusi pendidikan tingginya, termasuk persoalan kualitas, relevansi, kesetaraan akses dan kesempatan, perencanaan, pemberian layanan, manajemen, dan tata kelola;§Berkontribusi terhadap kerjasama antara Uni Eropadan negara mitra (maupun terhadap kerjasama antara negara-negara mitra itu sendiri)
  • Mendorong upaya konvergensi (bilamana memungkinkan) dengan kemajuan Uni Eropadi bidang pendidikan tinggi
  • Mempromosikan hubungan/kontak antar individu, serta kesadaran dan pemahaman antar budaya.

Sejak 2015, program Erasmus+ telah mendukung pembiayaan sebanyak 27 kemitraan universitas melalui program CBHE, yang melibatkan sebanyak 90 institusi pendidikan tinggi di seluruh Indonesia.

3). Jean Monnet

Jean Monnet adalah bagian dari program Erasmus+ yang didedikasikan untuk mempromosikan keunggulan Uni Eropa di tataran pendidikan tinggi ke seluruh dunia. Jean Monnet Actions (Aksi Jean Monnet) diselenggarakan untuk dan diaplikasikan di institusi pendidikan tinggi, namun program ini juga membuka kesempatan dan dapat dimanfaatkan oleh individu yang bekerja di sebuah institusi pendidikan tinggi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*