Cara Mendaftar, Mendapatkan dan Menggunakan KIP Kuliah

Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah (KalderaNews/Ist)
Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pemerintah meluncurkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah. Sebanyak 818 ribu KIP kuliah akan didistribusikan kepada mahasiswa dan mahasiswi Tanah Air. Tidak tanggung-tanggung, pemerintah telah menyiapkan anggaran Rp 7,5 triliun dari total anggaran bidang pendidikan sebesar Rp 505,8 triliun atau 20 persen dari RAPBN 2020.

TERBARU:

Angka di atas naik 53 persen dari program Bidikmisi 2019. Program ini menjadi salah satu dari empat program yang dicanangkan pemerintah pada pendidikan nasional.

BACA JUGA:

Lantas bagaimana cara mendaftar, mendapatkan dan menggunakan KIP Kuliah? Berikut ini alur yang perlu diketahui:

1. Memastikan Angkatan
KIP Kuliah tentu saja berlaku untuk angkatan kuliah 2020 dan setelahnya, sedangkan angkatan sebelumnya tidak perlu khawatir karena program ini sudah diintegrasikan dengan beasiswa bidikmisi. Namun bagi yang belum mempunyai KIP dari sekolah sebelumnya dan ingin memiliki KIP Kuliah, sayang sekali untuk saat ini masih belum bisa membuat KIP Kuliah secara langsung karena KIP Kuliah mulai dijalankan pada mahasiswa baru tahun ajaran 2020/2021 dan hanya dapat didaftar oleh lulusan setelah tahun 2019 (Update resmi dari Kemdikbud terkini terkait hal ini SIMAK: Siapa Saja yang Boleh Daftar dan Berhak Dapat KIP Kuliah 2020? )




19 Comments

  1. Aku lulus tahun ini, dan insya Allah alan jadi mahasiswi tahun ini kalo lulus, tapi aku tidak punya kip atau apapun itu. Apakah nanti akan ada pendataan lagi untuk mendapatakan kip kuliah?

  2. Di artikelnya kan ada bilang jika blum punya BDT segera mengusulkan ke dinsos kabupaten/kota. Nah kita tuh langsung ke kantornya kah atau minta surat rujukan dlu di rt atau lurah

  3. Maaf Sebelumnya,Saya Kurang Paham Cara Mendaftar Untuk KIP Kuliah?
    Saya Lulusan Tahun 2019 Dan Alhamdulillah saya Punya Kartu KIP Tapi saya Bingung Cara mendaftar?🙏

    • Saat ini KIP-Kuliah dikhususkan untuk calon mahasiswa/lulusan SMA sederajat tahun berjalan atau lulus dua tahun sebelunya. Untuk mahasiswa di PTN/PTS di bawah Kemdikbud telah disediakan beasiswa/bantuan biaya pendidikan PPA (Peningkatan Potensi Akademik ) melalui bagian kemahasiswaan masing masing.

  4. Mohon maaf sebelumnya.
    Kalau ktp&kk bogor tapi menetap /sekolah dikabupaten yg berbeda.apakah bisa mendaftar kip kuliah dikabupaten saat ini sekolah? (Contoh ktp bogor sekolah dilampung) mohon dijawab kak

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*