Mendikbud Nadiem: Cinta Membaca Bermula dari Rumah

Ilustrasi: Mengenalkan buku kepada anak. (Ist.)
Ilustrasi: Mengenalkan buku kepada anak. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kecintaan membaca harus ditanamkan sejak dini dan dimulai dari rumah. Orangtua memegang peran penting untuk menanamkan kecintaan membaca dalam diri anak-anak. Demikian ditegaskan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. “Cinta membaca itu bukan dari guru, tapi dari orangtua,” ucap Nadiem.

BACA JUGA:

Nadiem mengaku, kecintaannya terhadap membaca adalah buah dari upaya ibunya yang selalu membacakan buku cerita sebelum tidur. Sejak kanak-kanak, ibunya selalu membacakan buku cerita. “Saat itu, saya belum bisa membaca. Tapi dengan melihat gambar yang menarik di dalam buku, secara psikologis itu menanamkan curiosity,” ujar Nadiem.

Buku-buku yang diperkenalkan kepada anak-anak sebaiknya sesuai dengan minatnya, dan buku-buku yang menarik. “Orangtua mesti menanyakan kepada anak-anak, kamu ingin membaca apa? misalnya mau baca komik, cerita detektif, anime, cerita romance, atau yang lain.”

Orangtua juga tak boleh memaksakan anak-anak membaca buku-buku tertentu yang belum atau tak sesuai dengan minatnya. “Yang paling penting, membuat anak-anak jatuh cinta kepada aktivitas membaca,” tegas Nadiem.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*