Apa Itu Hujan Meteor Quadrantid?

Sharing for Empowerment

BACA JUGA:

Lantas apa sih sebenarnya hujan meteor ini? Nah, kalau kita melihat ke langit pada malam yang cerah tidak berawan dan keadaannya cukup gelap (tidak ada cahaya Bulan), kadang-kadang kita akan melihat cahaya yang melintas di langit.

Lintasan cahaya itu adalah yang disebut sebagai meteor yang muncul akibat adanya gesekan antara atmosfer Bumi dengan meteoroid yang datang dari luar atmosfer Bumi. Gesekan ini mengakibatkan panas yang menghancurkan meteoroid tersebut dan menghasilkan panas dan cahaya yang muncul dalam bentuk lintasan di langit.

Peristiwa ini bisa muncul kapan saja dan datang dari daerah mana saja di langit. Biasanya peristiwa terbakarnya meteoroid ini berlangsung pada ketinggian 70-100 km dari permukaan Bumi.

Akan tetapi, kadang-kadang ada satu masa di mana peristiwa munculnya meteor ini berlangsung lebih sering dari biasanya dan biasanya lintasan itu tampak seperti muncul dari satu daerah tertentu di langit. Peristiwa inilah yang kemudian dinamakan hujan meteor.

Peristiwa ini dinamakan hujan meteor karena dari satu titik ini tampak muncul berkali-kali lintasan cahaya meteor, dan selanjutnya titik ini diberi nama radiant. Untuk memudahkan identifikasi pada peristiwa hujan meteor ini, titik radiant ini kemudian dikaitkan dengan rasi/konstelasi yang terdekat dengan titik tersebut. (ML)




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*