Sandiaga Uno Dorong UMKM Cepat Adopsi Inovasi Teknologi

Sharing for Empowerment

Menurutnya, revolusi industri 4.0 turut melibatkan digitalisasi yang menjangkau berbagai lapisan, karenanya para perlaku UMKM juga perlu untuk mengadaptasi dan mengikuti perkembangan teknologi agar dapat mencapai tujuan dari revolusi industri 4.0 itu sendiri.

“Caranya bisa dengan mengadakan pelatihan (training), membentuk jejaring (networking), dan silahturahmi di antara para pelaku UMKM. Jika mereka dapat mengadaptasi teknologi dengan lebih cepat, kemampuan mereka untuk berinovasi dan bersaing akan meningkat, serta revolusi industri 4.0 itu bisa terwujud”, tambahnya.

Penelitian yang dilakukan Sandiaga Uno sendiri merupakan kombinasi dari 3 variabel yang terdiri dari, variabel entrepreneurial values, entrepreneurial orientation, dan financial performance, dengan mengambil sampel 32 UMKM sebagai objek penelitiannya. Penelitiannya ini menghasilkan hubungan yang positif antara satu variabel dengan variabel lainnya.

Pada akhir paparannya, ia berharap para pelaku UMKM cepat untuk mengadopsi berbagai inovasi teknologi terkini, sehingga efisiensi dari UMKM semakin meningkat dan juga daya saing semakin kuat. 




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*