Inilah Fakta di Balik #GejayanMemanggil, Dari Gerakan Mahasiswa 1998 Sampai Moses Gatutkaca

Salah satu aksi mahasiswa 1998 di Jalan Gejayan, Yogyakarta. (ist)
Salah satu aksi mahasiswa 1998 di Jalan Gejayan, Yogyakarta. (ist)
Sharing for Empowerment

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Tagar #GejayanMemanggil sedang trending di Twitter Indonesia. Tagar itu menjadi seruan atau undangan bagi mahasiswa untuk melakukan aksi damai menolak RKUHP, UU KPK, RUU Ketenagakerjaan, RUU Pertanahan, dan yang lain. Nah, apa itu Gejayan?

BACA JUGA:

Gejayan adalah nama salah satu jalan di Yogyakarta. Lokasi ini dipilih lantaran memiliki sejarah dalam pergerakan mahasiswa, terutama di Yogyakarta. Pada masa pergerakan mahasiswa tahun 1998, lokasi ini selalu dipilih para mahasiswa untuk melakukan aksi damai turun ke jalan. Jalan ini memang sangat strategis, apalagi ada beberapa perguruan tinggi yang berlokasi dekat dengan jalan ini, seperti Universitas Sanata Dharma, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, dan yang lain.

Aksi mahasiswa 1998 yang berpusat di Jalan Gejayan, selalu berakhir bentrokan antara mahasiswa dengan aparat, salah satunya terjadi pada 2 Mei 1998. Peristiwa ini dikenal sebagai “Peristiwa Gejayan” atau Tragedi Yogyakarta”. Peristiwa itu mengakibatkan ratusan orang terluka, dan seorang mahasiswa MIPA Universitas Sanata Dharma (USD) bernama Moses Gatutkaca, tewas.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*