Bukan di Desa Penari, Apa Sih Manfaat KKN

Sharing for Empowerment

Mengembangkan Sikap Profesional
Dalam KKN, kamu akan dituntut membuat program kerja (proker), baik secara mandiri maupun berkelompok. Di sini, kamu mesti bisa merancang, mengeksekusi, dan mengevaluasi setiap program kerja bersama kelompok maupun warga di mana kamu KKN. Maka, dengan membuat, melaksanakan, dan mengevaluasi program kerja, kamu dilatih memiliki sikap profesional. Sikap ini akan amat bermanfaat kelak ketika kamu masuk dunia kerja atau mengembangkan usaha pribadi.

Berlatih Kerjasama
KKN yang biasanya berkelompok, tentu akan melatih keterampilan kamu dalam bekerja sama dengan mahasiswa lain. Apalagi pada umumnya, kelompok KKN ini bukan berasal dari fakultas atau jurusan sama. Jadi, kamu mesti bekerja sama dengan teman-teman baru dari fakultas atau jurusan yang berbeda. Selain itu, dalam menjalankan program kerja KKN, kamu juga akan bekerja sama dnegan aparat desa tempat kamu KKN. Latihan kerjasama ini tentu akan sangat bermanfaat dalam dunia kerja.

Meningkatkan Keterampilan Problem Solving
Melalui program kerja KKN, sebenarnya kamu sedang berlatih memberikan solusi terhadap suatu persoalan atau problem solving. Dengan terjun langsung di tengah masyarakat dan bersama-sama memecahkan persoalan, maka keterampilan problem solving kamu akan semakin meningkat.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*