Bukan di Desa Penari, Apa Sih Manfaat KKN

Mahasiswa KKN, mangajar anak-anak
Ilustrasi: Mahasiswa KKN, mangajar anak-anak
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kisah horor “KKN di Desa Penari” masih viral ya? Tapi yang ini bukan membahas tentang kisah horor itu lho. Bagi mahasiswa, KKN alias kuliah kerja nyata merupakan kegiatan perkuliahan yang wajib diikuti sebagai implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Lalu, apa sih manfaat KKN? Simak penjelasannya berikut ini:

Melatih Kecerdasan Sosial
Melalui KKN, mahasiswa akan didekatkan dengan persoalan-persoalan nyata di tengah masyarakat. Selain itu juga akan mengasah kepekaan dalam bersosialisasi dengan orang-orang yang baru dikenal. Dengan bertemu dengan orang baru dan tentu persoalan-persoalan baru, kamu akan semakin ditantang untuk peduli dengan masalah sosial yang ada di sekitar. Selain itu, kamu juga akan semakin peka terhadap tata cara, aturan, norma, atau adat yang berlaku di setiap daerah. Hal ini tentu akan membantu kamu dalam mengasah kecerdasan sosial.

BACA JUGA:

Mengasah Kemandirian
Tentang kemandirian sebenarnya sudah bukan persoalan baru bagi seorang mahasiswa. Karena sebagai mahasiswa, kamu mestinya sudah bisa mengurus semua hal secara mandiri. Nah, KKN akan semakin mengasah tingkat kemandirian kamu, terutama dalam memecahkan dan memberikan solusi terhadap beragam persoalan sosial di tempat KKN.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*