Gempa Bumi Bisa Terjadi Kapan Saja, Ini 5 Tips Siap Siaga Menghadapinya

Ilustrasi gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Secara geologi, baik dari lempengan dan patahan yang ada, gempa bumi memang sudah pasti akan terjadi di Indonesia. Wilayah Indonesia sangat berpotensi dilanda gempa bumi karena posisinya yang berada di pertemuan tiga lempeng utama dunia, yaitu Eurasia, Indoaustralia dan Pasifik.

Dari tumbukan ini terimplikasi adanya sekitar enam tumbukan lempeng aktif yang berpotensi memicu terjadinya gempa kuat. Selain itu, wilayah Indonesia juga sangat kaya dengan sebaran patahan aktif atau sesar aktif. Ada lebih dari 200 yang sudah terpetakan dengan baik dan masih banyak yang belum terpetakan sehingga tidak heran jika wilayah Indonesia itu dalam sehari itu bisa terjadi lebih dari 10 gempa.

BACA JUGA

Oleh sebab itu, karena gempa bumi itu bisa terjadi kapan saja, berikut ini 5 tips siap siaga yang wajib kamu tahu dan lakukan karena gempa bumi bisa terjadi kapan saja seperti dikutip dari BMKG:

A. Kunci Utama Adalah Mengenali

  • Pastikan bahwa struktur dan letak rumah kamu dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa bumi (longsor, liquefaction dll)
  • Mengevaluasi dan merenovasi ulang struktur bangunan kamu agar terhindar dari bahaya gempa bumi.

B. Kenali Lingkungan Tempat Kamu Bekerja

  • Perhatikan letak pintu, lift serta tangga darurat, apabila terjadi gempa bumi, sudah mengetahui tempat paling aman untuk berlindung
  • Belajar melakukan P3K
  • Belajar menggunakan alat pemadam kebakaran
  • Catat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempa bumi

C. Persiapan Rutin di Tempat Kamu Bekerja dan Tinggal




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*