Inilah 10 Universitas Terbaik di Asia, Cocok Dijadikan Kampus Impian

Cek Universitas Terbaik di Asia
Ilustrasi: Cek Universitas Terbaik di Asia
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Bagi kamu yang ingin kuliah di luar negeri tapi tak ingin terlalu jauh, kamu bisa coba berkuliah di universitas terbaik di Asia. Kualitas universitas di Asia banyak yang tidak kalah bagus dengan universitas di Eropa, Amerika, atau Australia. Bahkan 10 universitas terbaik di Asia ada di kawasan Asia Tenggara dan Asia Timur. Fakultas dan jurusan yang ditawarkan juga beragam, bahkan banyak jurusan-jurusan yang belum banyak terdapat di Indonesia. Yuk langsung simak 10 universitas terbaik di Asia ini:

National University of Singapore (NUS)
Didirikan pada 1905, NUS merupakan institusi pendidikan tertua di Singapura dan universitas terbaik di Asia. NUS menawarkan pendidikan berkualitas dengan pendekatan global, dengan tetap fokus pada perspektif dan tenaga ahli dari Asia. Ada lebih dari 38.000 mahasiswa dari 100 negara yang belajar di sini. Universitas ini memiliki 17 fakultas yang terbagi ke dalam tiga kampus. Jurusannya pun beragam seperti bisnis, komputer, desain, ilmu seni dan sosial, teknik, hukum kedokteran, musik, kesehatan masyarakat, dan lainnya. Kerennya, jurusan Liberal Arts di sini berafiliasi dengan salah satu universitas terbaik di Amerika Serikat yaitu Yale University dengan nama The Yale-NUS College.

BACA JUGA:

Nanyang Technological University (NTU)
Masih di negeri jiran, Singapura, kamu yang ingin menekuni bidang teknik, sains, bisnis, seni, kedokteran, ilmu sosial, sastra dan pendidikan bisa kuliah di NTU. Tapi, kampus ini paling terkenal dengan berbagai kesuksesan penelitian di bidang digital, bahkan berdasarkan Nikkei dan Elsevier 2017, NTU menjadi universitas terbaik di dunia dalam bidang penelitian artificial intelligence. NTU memiliki kerja sama dengan perusahaan-perusahaan teknologi besar di dunia seperti Alibaba, Rolls-Royce, BMW, Volvo, Delta Electronics, dan Singtel. NTU juga masuk dalam daftar 15 kampus universitas terindah di dunia. Kampus ini merupakan rumah dari 33.000 mahasiswa yang sebagian besar mahasiswa internasional.

The University of Hong Kong
Ini merupakan universitas yang sangat fokus pada penelitian, maka tidak aneh jika 111 profesor di universitas ini masuk ke dalam jajaran satu persen ilmuwan terbaik di dunia versi Essential Science Indicators, Thomson Reuters. Bahkan perguruan tinggi tertua di Hong Kong ini juga ada di peringkat ke-26 universitas dengan hasil penelitian paling komprehensif dan diakui di dunia. Kurikulum yang digunakan juga merupakan kurikulum kelas dunia dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama. Universitas ini memiliki 340 universitas afiliasi yang tersebar di 43 negara. Jumlah mahasiswa internasionalnya mencapai 9.000 orang yang berasal dari 93 negara. The University of Hong Kong memiliki 99,4 persen employee rate, yang berarti hampir semua lulusannya selalu berhasil mendapatkan pekerjaan.

Peking University

Peking University
Universitas ini terdiri dari 30 kampus, 12 fakultas, dengan 93 program untuk S1, 199 program untuk S2 dan 173 pilihan program untuk S3 (doktor). Tak hanya fokus untuk memberikan kualitas pendidikan yang terbaik, universitas ini juga menyediakan banyak dana dan fasilitas untuk olahraga dan ekstrakurikuler yang terbagi ke dalam 200 organisasi kampus. Bahkan ada banyak kegiatan festival dan kejuaraan yang seru bagi mahasiswa, seperti Beida Cup Athletic Championships dan International Cultural Festival. Sebagai universitas tertua di China, universitas ini terkenal dengan bangunan kampus yang super cantik dan mewah karena masih menggunakan arsitektur Tiongkok yang tradisional. Bahkan kampus utamanya sudah ada sejak zaman Dinasti Qing, yang terdiri dari taman, rumah, pagoda dan bangunan tradisional Tiongkok lainnya. Bahkan lantai dasar kampus ini dijadikan museum yang memiliki koleksi-koleksi kuno berumur ribuan tahun.

Tsinghua University
Universitas ini memiliki sekitar 57 departemen dengan berbagai subjek pembelajaran, baik itu dalam bidang sains, teknik, seni dan literasi, ilmu sosial dan ilmu kedokteran. Kampusnya terletak di kawasan Haidian, Beijing. Mirip dengan Peking University, area kampus ini merupakan bekas taman dari kerajaan Dinasti Qing, sehingga memiliki arsitektur tradisional yang cantik dan mewah. Dari segi pendidikan, Tsinghua terdepan dalam jurusan teknik dan ilmu komputer, di mana sejak 2015, keduanya terus terpilih sebagai jurusan atau departemen terbaik di dunia dalam kategori disiplin ilmu masing-masing.

Universiti Malaya (UM)
UM menjadi universitas terbaik di Malaysia selama bertahun-tahun. Berlokasi di Kuala Lumpur, UM adalah universitas tertua di Malaysia yang didirikan pada 1949. Ada lebih dari 14.000 mahasiswa S1 dan 13.000 mahasiswa S2 yang berkuliah di kampus ini. Jurusan yang ditawarkan pun sangat ragam.

Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)
Universitas terbaik kedua adalah UKM, yang naik dari peringkat 230 tahun lalu ke peringkat 184 tahun ini. Sama seperti UM, universitas ini juga menawarkan banyak sekali jurusan baik dari jurusan IPA maupun IPS dengan fokus utama pada penelitian. Universitas yang didirikan pada 1970 ini terletak di Bangi, kota kecil di wilayah Selangor, sebelah selatan Kuala Lumpur.

Universiti Putra Malaysia (UPM)
Awalnya UPM merupakan perguruan tinggi yang fokus dalam bidang agrikultur, tidak aneh jika QS menyebutkan bahwa jurusan Agriculture and Forestry adalah jurusan terbaik di universitas ini. Bahkan sampai sekarang pun, UPM selalu fokus untuk mengembangkan berbagai penelitian di bidang agrikultur. Walau memang sekarang kampus ini telah menyediakan banyak jurusan lain yang tidak kalah bagusnya.

Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)
Sejak didirikan pada 1971, KAIST berkembang dengan pesat, hingga menjadi salah satu universitas terbaik di Korea, bersaing ketat dengan Seoul National University. Bahkan KAIST juga dinamakan sebagai universitas yang paling inovatif di kawasan Asia-Pasifik. Kampusnya terletak di kawasan Daejeon, Korea Selatan, dengan jumlah mahasiswa sekitar 10.000 orang yang terbagi atas 4.000 mahasiswa S1 dan 6.000 mahasiswa S2.

The Hong Kong University of Science and Technology (HKUST)
Universitas ini juga masuk ke dalam 40 besar universitas terbaik di dunia. Meski baru didirikan pada 1991, HKUST jadi salah satu universitas di Asia yang perkembangannya sangat pesat. Terletak di Clear Water Bay, Hong Kong, HKUST adalah universitas negeri yang sangat fokus dan memiliki standar tinggi dalam pendidikan dan penelitian, terutama di bidang sains, teknologi, teknik, manajemen, dan bisnis.

Nah, itulah 10 universitas di Asia, di luar Indonesia, yang layak jadi kampus impian kamu. Mana yang kamu pilih? (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*