Jadi Target Penangkapan Liar, Teripang Terancam Punah

Teripang Laut
Teripang dapat menjadi sumber bahan pangan, suplemen dan obat obatan yang bernilai ekonomi tinggi (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Teripang (Timun Laut) merupakan biota laut yang memiliki nilai komersial yang sangat tinggi karena mempunyai potensi sebagai bahan baku obat dan alternatif sumber pangan. Nilai ekonomi yang tinggi menjadi target penangkapan liar di alam bebas, sehingga populasinya di alam menurun.

Teripang dapat menjadi sumber bahan pangan, suplemen dan obat obatan yang bernilai ekonomi tinggi. Selain itu, teripang terbukti memiliki kandungan gizi sebagai sumber nutrisi untuk pencegahan stunting.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah memetakan serangkaian riset untuk memetakan sebaran teripang serta pemanfaatannya. Kepala Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, Dirhamsyah menegaskan dalam dua dekade terakhir telah terjadi pergeseran jenis teripang tangkapan (species shifting) yang mengindikasikan bahwa jenis tertentu sudah semakin sulit ditemukan di alam.

BACA JUGA:

Tantangan pemanfaatan teripang saat ini adalah populasi di alam yang makin menurun. Teripang harus masuk ke Apendix 2 CITES yang diselenggarakan di Jenewa, Swiss pada Agustus 2019 mendatang sehingga pemanfaatan bisa dilakukan tanpa mengganggu keseimbangan populasinya di alam.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*