Hujan Buatan Solusi Polusi Udara di Jakarta

Mendung di langit Jakarta
Mendung di langit Jakarta (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Isu polusi udara yang melanda DKI Jakarta dapat diminimalisir salah satunya dengan pemanfaatan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau biasa disebut Hujan Buatan.

Berdasarkan indeks kualitas udara (Air Quality Index/ AQI) menyebutkan kalau Jakarta disebut sebagai kota dengan polusi udara terburuk nomor tiga di dunia setelah Santiago, Chile dan Chongqing, China.

Dampak polusi bisa membuat kulit wajah kusam dan penuan dini. Bahkan, kanker dan paru-paru hingga badan lebih pendek bagi bayi yang baru lahir juga menjadi ancaman.

BACA JUGA:

Kepala BPPT Hammam Riza menegaskan TMC bisa dilaksanakan dalam koordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), TNI Angkutan Udara, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia.

TMC yang dimaksud di sini tentu bukan TMC Polri, tetapi TMC yang dilakukan oleh BPPT melalui Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC).

TMC itu sebuah pemanfaatan teknologi untuk inisiasi ke dalam awan agar proses yang terjadi di awan lebih cepat dibandingkan dengan proses secara alami.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*