Lidah Mertua Atasi Polusi Jakarta, Bisakah?

Penanaman Lidah Mertua di Jakarta
Ilustrasi: Penanaman Lidah Mertua di Jakarta
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Polusi udara di Jakarta tengah jadi sorotan karena pada pertengahan Juni lalu sempat menduduki peringkat teratas kota yang memiliki kualitas udara terburuk di dunia versi Air Visual. Kualitas udara di Jakarta tergolong sangat tidak sehat. Berdasarkan pemantauan satelit Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) pada 17 Juli lalu, tercatat kondisi polusi udara di Jakarta semakin mengkhawatirkan. Selain Jakarta, kondisi serupa juga terjadi di Medan dan Surabaya.

Kualitas udara yang buruk terjadi karena peningkatan emisi atau pelepasan PM 2,5 dari kendaraan bermotor dan industri. Kondisi ini juga dipicu musim kemarau.

Tanaman lidah mertua rencananya bakal diletakkan di atap-atap gedung perkantoran pemerintah. Dengan begitu, diharapkan lidah mertua dapat menghilangkan zat beracun yang ada di langit Jakarta.

BACA JUGA:

Lidah mertua merupakan tanaman dengan nama latin Sansevieria yang berasal dari suku Asparagaceae. Bagi masyarakat Indonesia, tanaman ini sebenarnya bukan jenis baru. Lidah mertua dikenal juga dengan tusuk gigi gajah atau tanaman ular yang dijadikan sebagai tanaman hias untuk pekarangan rumah atau di dalam ruangan. Daun yang kuat dan keras serta bentuk yang panjang dan runcing membuat lidah mertua memiliki estetika.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*