Peserta OSN Kebumian 2019 Penentu Nasib Masa Depan Bumi

Peserta OSN Kebumian 2019
Peserta OSN Kebumian 2019 (KalderaNews/Kemendikbud)
Sharing for Empowerment

MANADO, KalderaNews.com – Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA 2019 bidang Kebumian tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari karena manusia hidup di bumi dan manusia mengalami fenomena-fenomena tentang kebumian itu sendiri.

“Melalui tes-tes pada bidang lomba kebumian ini para peserta akan terbuka wawasannya tentang kebumian dan belajar mencintai bumi yang usianya sudah ribuan miliar tahun,” tegas salah satu juri OSN 2019, Zadrach L. Dupe.

“Kalau mereka mengerti dengan baik tentang alam dan bisa berpikir logis tentang alam, mereka bisa mengambil keputusan yang tepat sehingga kita tidak akan mengalami krisis yang berkaitan dengan bumi kita,” imbuhnya di lokasi lomba di Pantai Tasik Ria, Manado, Sulawesi Utara, Rabu, 3 Juli 2019.

BACA JUGA:

Peserta OSN 2019 kali ini pun diajak mengenal Indonesia melalui ilmu kebumian khususnya di bagian utara Sulawesi atau celebes. Misalnya, pembentukan laut celebes, fenomena cuaca yang melewati Sulawesi, dan lainnya.

“Kami berusaha menanamkan bahwa bumi harus dijaga dan merekalah yang akan menentukan masa depan,” tutur Dosen Meteorologi Institut Teknologi Bandung itu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*