Hari Anti Narkoba, Berikut Tips Menghindari Narkoba

Ilustrasi: Anti Narkoba
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com –  Hari ini, 26 Juni ditetapkan sebagai peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI). Peringatan ini untuk memperkuat aksi dan kerja sama secara global, serta mengingatkan masyarakat agar menghindari penyalahgunaan narkoba, melawan penyalahgunaan obat-obatan, dan penjualan obat secara ilegal. Nah, bagaimana sejarah Hari Anti Narkotika Internasional?

Penetapan tanggal 26 Juni sebagai Hari Anti Narkotika Internasional dicanangkan United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) pada 26 Juni 1988. Tanggal ini dipilih dengan mengambil momen pengungkapan kasus perdagangan opium oleh Lin Zexu (1785-1851) di Humen, Guangdong, Tiongkok. Lin Zexu adalah pejabat yang hidup pada masa Kaisar Daoguang dari Dinasti Qing. Ia terkenal dengan perjuangannya menentang perdagangan opium di Tiongkok oleh bangsa-bangsa asing.

BACA JUGA:

Kala itu, Lin Zexu melihat negaranya semakin terpuruk karena harta negara terus mengalir ke Inggris untuk membeli obat terlarang, dan ada ketergantungan akan opium. Maka, Lin bertekad menumpas obat terlarang. Usahanya ini akhirnya memicu Perang Candu antara Tiongkok dan Inggris. Kaisar Daoguang pun memanggil Lin Zexu untuk membahas penerapan larangan terhadap perdagangan opium. Di hadapan Kaisar, ia menegaskan bahwa opium harus dilarang karena konsumsinya menghabiskan kekayaan negara.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*