Mengamati Hilal Sebelum Lebaran, Apa Itu Hilal?

Sharing for Empowerment

Jadi, hilal merupakan penanda bahwa awal bulan baru dalam kalender Hijriah sudah dimulai. Bila hilal belum terlihat, maka belum berganti bulan. Tapi, tidak semua bulan sabit tipis bias disebut hilal. Ada syaratnya, seperti bulan sabit tipis harus bisa diamati saat matahari terbenam untuk menghitung ketinggiannya. Jadi, jika terlihat bulan sabit tipis pada siang hari itu berarti bukanlah hilal.

Mengamati hilal itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Lantaran sangat tipis, diperlukan kejelian agar bisa melihatnya. Untuk itu, untuk mengamati hilal diperlukan sejumlah peralatan pengamatan astronomi, seperti teleskop. Selain itu, rentang waktu untuk melihat hilal juga sebentar. Usia hilal yang biasa diamati kurang dari 12 jam dan ketinggiannya masih di bawah 6 derajat dari cakrawala. Dengan ketinggian seperti itu, hilal akan terbenam kurang lebih sekitar 24 menit setelah matahari terbenam.

Jika hilal terlihat, itu berarti malamnya sudah masuk awal bulan baru. Maka, kalau itu hilal awal Syawal, maka seluruh kegiatan ibadah selama Ramadan akan berakhir saat malam itu pula. Yang berarti pula, telah memasuki awal bulan baru, 1 Syawal atau Idul Fitri.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*