Tanamkan 5 Manfaat Puasa Ini pada Putra-Putri Tercinta Kita

Sharing for Empowerment
  • Kekuatan Mental

Selain menahan lapar dan haus, berpuasa adalah waktu yang tepat untuk mengajarkan putra-putri kita untuk lebih menjaga perilaku dengan cara mengendalikan emosi negatifnya seperti sedih dan marah. Saat puasa juga saat yang tepat bagi orangtua memberi wejangan agar putra-putri kita tidak cepat menangis saat keinginannya tidak dituruti atau gampang ngambek. Masa puasa adalah masa untuk mengajarkan kesabaran dalam menghadapi situasi apapun.

Selain itu, berpuasa juga melatih anak untuk sejenak keluar dalam keadaan yang selalu enak dan nyaman yang bertendensi memanjakan sehingga ia akan tumbuh menjadi pribadi yang mandiri.

  • Peningkatan Keimanan

Berpuasa merupakan momentum istimewa untuk mendorong putra-putri kita menjadi pribadi yang saleh. Jika memungkinkan, ajak putra-putri kita perbanyak shalat berjamaah, tarawih dan mengaji di rumah maupun di masjid.

Pastikan bahwa putra-putri kita itu menjalani semua kegiatan tersebut dalam suasana menyenangkan sehingga tidak merasa bahwa ibadah itu sebuah keterpaksaan.

  • Belajar Empati

Masa berpuasa menjadi masa untuk mengasah rasa empati dan peduli terhadap orang lain di sekitar. Saat ia menahan lapar dan haus, ingatkan putra-putri kita bahwa berpuasa berarti ikut merasakan penderitaan saudara-saudara kita yang masih kekurangan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*