Kapan Saat yang Tepat Si Buah Hati Mulai Berpuasa?

Anak mulai belajar berpuasa
Ilustrasi si Buah Hati mulai belajar berpuasa (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kapankah sih waktu tepat bagi Si Buah Hati belajar atau mulai berpuasa? Pertanyaan ini kerap menghinggapi para orangtua. Namun pada dasarnya tak ada ilmu yang pasti menentukan mengenai perihal ini.

Sementara ada orangtua yang ingin anaknya belajar atau mulai puasa sedini mungkin, namun tak sedikit yang kadang merasa takut dan kasihan jika anaknya belajar puasa di usia dini. Orang tua takut dan khawatir karena ini menyangkut masa pertumbuhannya.

BACA JUGA:

Sebagai bahan pertimbangan, berikut ada beberapa solusi yang dapat membantu para orangtua menentukan kapan sebaiknya si Buah Hati belajar atau mulai berpuasa:

  • Saat Fisik dan Psikis si Buah Hati Sudah Siap
    Siap yang dimaksud di sini adalah bahwa sudah siap secara fisik yaitu sehat dan tidak sedang sakit, serta siap psikis dimana Si Buah Hati sudah menunjukkan minat dan keinginan untuk mencoba berpuasa mengikuti teladan Ayah dan Bunda.
  • Sesuai Ketentuan Agama
    Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa seorang anak tidak wajib berpuasa sampai ia balig atau cukup umur. Biasanya seorang anak baru balig di sekitar usia 10-13 tahun. Namun begitu, alangkah baiknya jika Si Buah Hati belajar berpuasa jauh sebelumnya, karena dengan begitu ia sudah terbiasa dan paham dengan baik makna dan pentingnya berpuasa Ramadan saat waktunya tiba.
  • Berpatokan pada Usia
    Kisaran usia yang cocok bagi Si Buah Hati untuk belajar berpuasa adalah usia 5-6 tahun, yaitu bersamaan dengan usia Si Buah Hati mulai sekolah. Di usia tersebut diharapkan ia sudah menunjukkan 10 Tanda Siap Sekolah dari Persatuan Dokter Gizi Medik Indonesia. Beberapa di antaranya adalah sehat secara fisik, mengenali konsep dasar, memiliki minat belajar dan mampu mengendalikan emosi.

Sekarang sudah tidak bingung lagi kan kapan sebaiknya si Buah Hati mulai belajar berpuasa? (AC)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*