Yasonna Laoly dan Tjahjo Kumolo Hadiri Europe Day 2019

Sharing for Empowerment
Europe Day 2019 di Jakarta
Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, Vincent Guérend memberikan sambutan di acara resepsi Europe Day 2019 di Grand Ball Room Hotel Ayana Midplaza Jakarta, Kamis malam, 2 Mei 2019 (KalderaNews/JS De Britto)

Diketahui, Europe Day atau Hari Eropa adalah sebuah perayaan tahunan untuk perdamaian dan persatuan di Eropa. Sebenarnya, ada dua Hari Eropa yang dirayakan, yakni 5 Mei sebagai Hari Dewan Eropa dan 9 Mei sebagai Hari Uni Eropa (UE).

Hari Dewan Eropa ditetapkan setelah pembentukannya tahun 1949, sementara Hari Uni Eropa hari dimana rencana pendirian UE dibuat tahun 1950. Hari Eropa adalah salah satu simbol Eropa yang dibuat untuk menggalang persatuan antara bangsa-bangsa Eropa.

Europe Day 2019 di Jakarta
Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly memberikan sambutan di acara resepsi Europe Day 2019 di Grand Ball Room Hotel Ayana Midplaza Jakarta, Kamis malam, 2 Mei 2019 (KalderaNews/JS De Britto)

Dewan Eropa dibentuk tanggal 5 Mei 1949 dan memilih hari itu sebagai perayaannya ketika ditetapkan sebagai hari libur pada 1964. Tahun 1985, Komunitas Eropa (yang kemudian menjadi Uni Eropa) menggunakan simbol Eropa dari Dewan Eropa seperti Bendera Eropa. Tetapi, pemimpin Komunitas memutuskan untuk merayakan Hari Eropa pada peringatan Deklarasi Schuman tanggal 9 Mei 1950.

Europe Day 2019 di Jakarta
Dansa bersama di acara resepsi Europe Day 2019 di Grand Ball Room Hotel Ayana Midplaza Jakarta, Kamis malam, 2 Mei 2019 (KalderaNews/Fajar H)

Tanggal 9 Mei dirayakan dalam berbagai bentuk di sebagian negara anggota Uni Eropa dan negara sekitarnya seperti Turki, meskipun hari tersebut tidak terlalu penting di Britania Raya karena fenomena euroskeptikisme. (JS)




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*