Apa Sih Istimewanya Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) 2019?

Sharing for Empowerment

“Kalangan muda bukan tidak peduli kepada kebudayaan, justru mereka sangat aktif. Agar energi yang bagus dari anak-anak muda bisa diangkat ke level yang bisa dilihat oleh masyarakat, perlu ada forum khusus. Maka dari itu diadakanlah Kemah Budaya Kaum Muda,” ujar Hilmar Farid dalam acara Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2019 di Bojongsari, Depok, Jawa Barat, Selasa, 12 Februari 2019.

Hilmar berharap KBKM dapat menumbuhkan rasa kepemilikan dan komitmen generasi muda dalam mendukung dan melaksanakan program-program pemajuan kebudayaan.

“Banyak program yang ditujukan untuk anak-anak muda, tapi diselenggarakan oleh orang tua, dan acaranya pun sudah dirumuskan segala sesuatunya untuk mereka, sehingga ide tidak datang dari mereka (anak muda),” tuturnya.

Menurut Hilmar, kondisi tersebut menyebabkan tidak munculnya rasa kepemilikan generasi muda serta minimnya komitmen bahwa mereka sungguh-sungguh berada dalam sebuah proses.

Kalau ditelisik, Kemendikbud sendiri sebenarnya memiliki Kemah Budaya Nasional. Tidak begitu jelas perbedaan keduanya. (ML)




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*