Apa Sih Istimewanya Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) 2019?

Sharing for Empowerment

Purwarupa yang dihasilkan adalah purwarupa dalam bentuk aplikasi digital yang berisi jawaban dari permasalahan yang terpetakan dalam Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) Kabupaten/Kota. Dengan begitu, purwarupa tersebut dipandang dapat menyelesaikan masalah pemajuan kebudayaan di daerah.

Sebagai salah satu program pemajuan kebudayaan, kegiatan KBKM berperan sebagai ruang inkubator untuk inovasi pemajuan kebudayaan; sebagai ruang kerja bersama bercorak gotong royong; dan sebagai ruang aktivasi pendanaan atas usaha rintisan (start up) di bidang kebudayaan. Terpilihnya 50 purwarupa yang telah diseleksi akan difasilitasi untuk dikembangkan menjadi versi beta dengan didanai oleh swasta, kementerian/lembaga, atau pemerintah daerah.

Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan kegiatan kemah budaya merupakan aspirasi yang muncul dari kalangan generasi muda pada gelaran Kongres Kebudayaan Indonesia 2018. Kemendikbud langsung menindaklanjuti usulan tersebut sebagai forum khusus anak muda yang memiliki tujuan bersama memajukan kebudayaan Indonesia.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*