Kampung Korea Jadi Solusi Tepat Persiapkan Purna TKI di Korea?

Sharing for Empowerment

“Kedepannya, saya berharap setiap daerah asal PMI ex-Korea Selatan akan didirikan kampung Korea dalam arti sebenarnya. Kampung yang nyaman dan modern, dimana terdapat Balai Latihan Kerja (BLK) untuk generasi selanjutnya agar siap ke Korea, ada rumah yang memadai, dan tempat usaha yang menghasilkan pendapatan yang memadai,” harap Dubes Umar.

Program yang baru pertama kali dilakukan sejak KBRI Seoul dibuka ini mendapatkan sambutan positif dari para PMI dan alumni PMI Korea yang sudah kembali ke Indonesia. Winarno eks PMI Korea pemilik usaha Mbok Biyem Yogyakarta, misalnya, rela meluangkan waktu untuk memberikan sambutan dan memberikan materi belajar.

“Pekerjaan di Korea adalah bagian perjalanan menuju sukses. Namun sukses sebenarnya saya dapatkan di Indonesia,” tegasnya.

Begitu juga dengan Triana Purba, salah satu pengurus dan penggagas Desa Wisata Nglanggeran, Yogyakarta sangat bangga akan adanya ide pemberdayaan ini dan akan mengisi kelas kelompok belajar Kampung Korea melalui Skype.

Salah seorang peserta Kampung Korea bernama Azis, PMI asal Cirebon, menyambut baik program ini. Ia mengucapkan terima kasih kepada KBRI Seoul yg telah menggagas kelompok belajar Kampung Korea. Ia menilai program ini sangat bagus untuk meningkatkan kepercayaan diri saya untuk bekerja dengan baik, mengelola uang dan siap pulang ke Indonesia. (LF)




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*