Kampung Korea Jadi Solusi Tepat Persiapkan Purna TKI di Korea?

Sharing for Empowerment

Hal ini juga yang menjadi perhatian Kedutaan Besar RI di Korea Selatan. Berbagai program inovatif menyasar para PMI telah ditelurkan. Mulai dari program pelayanan dan perlindungan maksimal bagi mereka, termasuk juga program kesehatan.

Kini KBRI Seoul melakukan terobosan dengan inovasi Kampung Korea, singkatan dari “Kami Mantab Pulang dari Korea”. Kampung Korea merupakan program sinergi pembinaan dan pemberdayaan PMI agar mereka siap kembali ke tanah air.

Program ini meliputi program pelatihan terintegrasi, diadakan di berbagai kantong-kantong PMI di Korsel dan berlanjut hingga mereka sampai ke kampung halaman masing-masing.

Secara nyata program Kampung Korea bertujuan membentuk suatu ekosistem dimana Purna PMI Korea dapat menjadi pioner untuk pengembangan desanya. Dengan keterampilan kerja, budaya kerja dan uang yang dimiliki dari hasil bekerja di Korea, menjadi modal untuk hidup sejahtera dengan memiliki rumah yang baik dan tempat berwirausaha, sekaligus memiliki tempat pelatihan kerja bagi para generasi selanjutnya dalam mempersiapkan diri bekerja ke Korea. Diharapkan proses dimaksud menjadi siklus yang akan semakin memperbesar tingkat kesejahteraan penduduk desa dimaksud.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*