Guru PNS di Sekolah Swasta Ditarik

Guru PNS di Sekolah Swasta Ditarik
Guru dan murid-muridnya (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

MANADO, KalderaNews.com – Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah menegaskan penarikan guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) di sekolah swasta jangan dilakukan terburu-buru karena menimbulkan efek kegaduhan di daerah-daerah.

Ia menagskan pihak sekolah masih butuh waktu untuk melakukan persiapan terkait kebijakan pemerintah pusat yang sedang berupaya melakukan pemetaan distribusi guru PNS di sekolah-sekolah swasta.

Tim Panja memperoleh masukan terkait dampak dari penarikan guru-guru PNS dari sekolah swasta, antara lain memengaruhi pembiayaan sekolah dalam skema penggajian.

“Efeknya sekolah swasta mau tidak mau menaikkan biaya pendidikan untuk menutupi operasional gaji guru-gurunya,” tandasnya.

Selain itu, kompetensi guru PNS yang sudah tersedia tidak serta-merta bisa digantikan oleh guru baru yang notabene belum memiliki standar kompetensi sesuai kebutuhan sekolah dan kualitas guru-guru PNS yang diperbantukan di sekolah swasta masih diperlukan untuk menjaga meningkatkan standar kompetensi pendidikan di sekolah tersebut. Meski di lapangan tidak sedikit ditemukan guru-guru PNS di sekolah swasta yang terkesan malas dan kualitasnya buruk.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*