Batu, De Kleine Switzerland di Pulau Jawa

Sharing for Empowerment

Kalau di masa lalu tempat ini menjadi tempat persinggahan keluarga raja, pada awal abad ke-19, Batu bertransformasi menjadi salah satu tujuan wisata orang-orang Belanda. Sejak abad inilah daerah ini lantas tersohor dengan sebutan “De Klein Switzerland” atau Swiss Kecil di Pulau Jawa.

Sementara itu, asal-usul kata Batu sendiri sejatinya terkait dengan seorang ulama pengikut Pangeran Diponegoro yang bernama Abu Ghonaim atau disebut sebagai Kyai Gubug Angin, yang selanjutnya oleh masyarakat setempat akrab disebut dengan panggilan Mbah Wastu.

Tempat Wisata di Batu Malang
Koleksi helikopter dan mobil mendiang Presiden Soekarno (KalderaNews/JS de Britto)

Nah, untuk mempersingkat penyebutan nama ulama ini, masyarakat sekitar kerap memanggilnya Mbah Tu yang kemudian menjadi sebutan Mbatu dan selanjutnya agar tak terkesan ndeso menjadi Batu.

Tak mau terjebak bermalas-malasan di dalam hotel, kami pun menentukan sejumlah destinasi yang akan dikunjungi. Maklum, Batu juga termasyur dengan julukan kota sejuta pesona. Batu menawarkan bermacam-macam objek wisata alam, sejarah, agrowisata, kuliner dan lain-lainnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*