Batu, De Kleine Switzerland di Pulau Jawa

Sharing for Empowerment

Begitu sampai di hotel, kami pun menikmati udara sejuk Kota Batu yang dikelilingi bukit-bukit hijau dan di kejauhan tampak berdiri kokoh Bukit Panderman. Udara segarnya begitu terasa fresh di lubang hidung begitu terhirup dan mendatangkan kelegaaan yang luar biasa. Batu sendiri berada pada ketinggian 680 meter sampai 1200 meter dpl dan memiliki suhu berkisar 15 hingga 19 derajat celcius.

Tempat Wisata di Batu Malang
Ganster Town di Museum Angkot di Batu (KalderaNews/JS de Britto)

Pohon-pohon yang masih dibiarkan tumbuh di kota Batu jelas menjadi salah pencipta kesejukan ini. Lihat saja, sejauh mata memandang, pohon-pohon hijau tumbuh dan memanjakan mata.

Karena dimanja oleh hawa sejuk dan keelokan alam yang memesona, banyak wisatawan yang justru suka bermalas-malasan di lingkungan hotel atau penginapan. Kenyataan ini tentu saja tak beda jauh dengan fakta bahwa di masa lalu tempat ini menjadi tempat peristirahatan para raja.

Tempat Wisata di Batu Malang
Karnaval Broadway di Museum Angkot di Batu (KalderaNews/JS de Britto)

Batu benar-benar menawarkan udara yang sungguh sejuk dan panorama alam yang menawan. Ini tak lepas dari fakta geografis dimana Batu dikelilingi enam buah gunung. Tak hanya itu saja, di Batu ini ternyata masih terdapat banyak sumber mata air alami yang mengalir dari pegunungan. Situasi alam yang seperti ini tak beda jauh dengan Swiss di benua biru yang sejuk dan asri.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*