Salut! Indonesia Juara Umum Kompetisi “World Skills Asia” 2018


Notice: Trying to access array offset on value of type bool in /home/kalderan/public_html/wp-content/themes/mh-magazine/includes/mh-custom-functions.php on line 256
Sharing for Empowerment
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy bersama salah satu peraih medali emas di World Skills Asia (WSA) 2018 (KalderaNews/Kemendikbud)

JAKARTA, KalderaNews.com – Prestasi membanggakan ditorehkan para siswa lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di kompetisi Internasional World Skills Asia (WSA) 2018. Delegasi Indonesia sukses menjadi juara umum di kompetisi yang diikuti 19 negara.

Diketahui, WSA adalah ajang kompetisi yang diselenggarakan 2 tahun sekali dengan tujuan untuk meningkatkan daya saing Asia dan meningkatkan persaudaraan di antara negara-negara Asia. Kompetisi WSA tahun ini dilaksanakan pada tanggal 24-29 November 2018, di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, diikuti 19 negara, yaitu, Taiwan, Uni Emirat Arab, Korea Selatan, Indonesia, Oman, Arab Saudi, Malaysia, Kuwait, Mesir, Russia, Belarus, Barbados, Jerman, India, Belgia, Amerika Serikat, Finlandia, dan Brazil.

Indonesia sukses memborong 6 medali emas dan 3 medali perak. Enam siswa yang berhasil mendapatkan medali emas, yakni Luki Centuri untuk bidang lomba Web Design, Firli Rizki untuk bidang lomba Electrical Installation, Rizki Muhammad untuk bidang lomba IT Network System Administration, Hengky Sanjaya untuk bidang lomba IT Software Solution for Business, Isnaeni Wulandari untuk bidang lomba Fashion Technology, dan A.Nur Fatkhul Cholbi untuk bidang lomba Refrigeration and Air Conditioning.

Sedangkan medali perak diraih oleh Salyan Alqosomi untuk bidang lomba Welding, Mustaqim untuk bidang lomba Automobile Technology, dan M. Khairul Abdulloh untuk bidang lomba Electronics.

Adapun asal sekolah delegasi Indonesia tersebut adalah lulusan SMKN 3 Boyolangu, SMKN 2 Kendal, SMKN 4 Surakarta, SMKN Bandung, SMKN 2 Banyumas, SMKN 2 Kota Serang, SMKN 2 Sukohardjo, SMK PGRI 3 Malang, dan SMK Immanuel.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy bersama salah satu peraih medali emas di World Skills Asia (WSA) 2018
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy bersama delegasi Indonesia di World Skills Asia (WSA) 2018 (KalderaNews/Kemendikbud)

“Saya merasa bahagia sekali bisa mewakili Indonesia di ajang Internasional, dan mendapatkan medali emas. Untuk mengikuti lomba ini saya sudah mempersiapkan diri sejak tahun 2017. Mengikuti kompetisi ini sangat menyenangkan bisa bertemu anak-anak muda dari berbagai negara, dan lawan berat saya dari Korea Selatan, karena kerja mereka sangat cepat dan teliti,” ungkap Luki Centuri peraih medali emas untuk bidang Web Design.

Ungkapan yang sama juga disampaikan Hengky Sanjaya peraih medali emas bidang IT Software Solution for Business. “Tentunya saya sangat senang bisa mendapatkan medali emas. Dari ajang ini saya mendapatkan banyak pengalaman, dan bertemu pemuda-pemuda hebat. Saya berharap mengikuti ajang Internasional ini dapat terus dilakukan.”

Atas prestasi ini, para pelajar peraih medali emas mendapat penghargaan berupa pelakat dan uang pembinaan sebesar Rp 27 juta dari Kemendikbud, sedangkan untuk medali perak diberikan pelakat dan uang pembinaan sebesar Rp 22 juta.

Selain itu, kepada seluruh peraih medali, juga akan diberikan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan baik di dalam negeri ataupun di luar negeri sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*