Menelisik Perjalanan “Surga Dunia” Geopark Ciletuh, Sukabumi

Sharing for Empowerment

Kami cukup lama menikmati perjalanan ini, hingga kami berhenti untuk memfoto kendaraan kami, bukti otentik bahwa kami telah melakukan perjalanan menuju Geopark Ciletuh.

Karena saking takjub nya kami dengan rute yang kami lalui, kami jadi tidak banyak berfoto di kawasan Geopark Ciletuh, dan hanya singgal di pantainya saja. Dengan harga tiket masuk 10 ribu untuk motor, pengunjung bisa menikmati hamparan pantai dengan pasir putih, sementara disisi kanannya terdapat gunung, dan curug. Sepanjang perjalanan menuju Pantai Ciletuh, banyak dijajakan kedai untuk makan, cottage, wahana bermain, hingga taman ria yang aktif di malam hari.

Geopark Ciletuh di Sukabumi
Tepi pantai sepanjang perjalanan menuju Geopark Ciletuh, Sukabumi (KalderaNews/Fajar H)

Seperti biasa, karena beberapa pengunjung tidak sadar akan kebersihan tempat wisata, banyak sampah berserakan di pantai.

Secara keseluruhan, kami memang disajikan dengan pemandangan selama perjalanan yang menakjubkan. Belum lagi rute yang cukup ‘menantang’, dan waktu yang terbatas membuat kami harus sesegera mungkin kembali ke Jakarta. Estimasi pengeluaran selama perjalanan kami diperkirakan 100 ribu rupiah untuk BBM jika anda menggunakan motor bebek sport. Itu belum termasuk makan, karena budget kami terbatas, 20 ribu rupiah sudah cukup, dan HTM Pantai Ciletuh sebesar 10 ribu. Jika dijumlahkan, tidak sampai 200 ribu rupiah untuk bisa pergi dan menikmati pemandangan indah selama perjalanan menuju Pantai Ciletuh.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*