Menelisik Perjalanan “Surga Dunia” Geopark Ciletuh, Sukabumi

Sharing for Empowerment
Geopark Ciletuh di Sukabumi
Keelokan dan keindahan jalan menuju Geopark Ciletuh (KalderaNews/Fajar H)

Kami sempat beristirahat di sebuah minimarket untuk minum dan membeli beberapa cemilan. Maklum, kami berangkat dengan perut kosong. Tidak lama dari tempat kami beristirahat, jarak ke kawasan Pelabuhan Ratu sekitar 1 jam lagi.

Lagi, rute kami didominasi jalan yang bagus, sudah mumpuni untuk para pengunjung yang ingin mengunjungi kawasan Pelabuhan Ratu. Cikidang, daerah dikenal bagi beberapa pengendara motor sebagai tempat untuk cornering, knee-down, karena memang memiliki aspal yang cukup baik. Namun para pengendara disini harus berhati-hati, usahakan tidak terlalu sering speeding, apalagi cornering, cukup banyak blind spot dan truk sawit yang justru akan membahayakan pengendara sendiri.

Selain itu, minimnya pencahayaan jalan, membuat pengendara harus mempertajam penglihatannya jika ingin melewati jalan tersebut pada malam hari, belum lagi kabut yang turun dan membuat jarak pandang semakin tipis. Semakin kami mendekati pantai, jalan yang kami lalui menjadi cukup ekstrim. Beberapa ada turunan curam dan tikungan bersamaan. Membuat kami cukup menguras konsentrasi dan lebih memerhatikan pengereman.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*