Menaklukkan Bukit Karst Terjal Merengkuh Pantai Menganti

Pantai Menganti di Desa Karangduwur, Kebumen
Keindahan Pantai Menganti di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

CILACAP, KalderaNews.com – Medan yang sulit dengan pegunungan karstnya yang tinggi menjadi tantangan tersendiri bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan Pantai Menganti di Kebumen. Maklum, pantai ini ada di balik perbukitan karst dan hutan. Terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, pantai ini merupakan salah satu pantai terindah di Jawa Tengah.

Sebelum memutuskan untuk mengunjungi pantai ini, sangat lah dianjurkan untuk mengecek kondisi kendaraan agar bisa menaiki jalanan menanjak yang cukup ekstrem di kawasan ini. Namun, jangan lah terlalu khawatir. Di pinggir jalan bukit karst yang menanjak dan berkelok-kelok ini kita akan mudah menjumpai anak-anak, pemuda dan orang tua yang siap mengganjal kendaraan kita, apabila tak mampu menanjak. Jalan terjal dan cukup membahayakan butuh ekstra konsentrasi dan kewaspadaan setiap pengemudi.

BACA JUGA:

Meski termasyur dengan akses jalannya yang terjal, orang justru berbondong-bondong ke pantai ini saat akhir pekan atau hari libur. Jangan heran, meski tidak ada angkutan umum yang mengangkut penumpang ke lokasi ini, jejalan manusia harus antre menuju ke lokasi. Selain kendaraan roda dua yang memang banyak digunakan, tak terbilang jumlahnya mobil pribadi yang harus sabar antre untuk memasuki kawasan wisata pantai ini.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*