Hari Sumpah Pemuda ke-92, Inilah 6 Fakta Sejarah yang Jarang Diketahui

Ilustrasi: Fakta sejarah hari Sumpah Pemuda. (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)
Ilustrasi: Fakta sejarah hari Sumpah Pemuda. (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap 28 Oktober, bangsa Indonesia memperingati sejarah Sumpah Pemuda. Peristiwa ini diyakini sebagai titik tolak menuju kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Penetapan Hari Sumpah Pemuda diputuskan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959. Di balik peristiwa sejarah Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928, tersimpan fakta-fakta unik yang jarang diketahui.

BACA JUGA:

Nah, inilah 6 fakta sejarah Sumpah Pemuda yang jarang diketahui:

Hasil keputusan Kongres Pemuda II

Sumpah Pemuda lahir dari hasil keputusan Kongres Pemuda II yang digelar dua hari, 27 sampai 28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Kongres ini merupakan lanjutan dari Kongres Pemuda pertama yang diadakan 30 April hingga 2 Mei 1926. Kongres ini diikuti beragam organisasi pemuda dari seluruh Indonesia yang bersatu menentang aneka bentuk penjajahan.

Hasil kongres ditulis Muhammad Yamin

Hasil Kongres Pemuda II inilah lahir rumusan Sumpah Pemuda. Rumusan tersebut ditulis Muhammad Yamin pada secarik kertas. Sebelum resmi dibacakan, rumusan Sumpah Pemuda diberikan kepada Soegondo Djojopuspito yang adalah ketua kongres saat itu. Setelah mendapat persetujuan dari Soegondo, teks rumusan Sumpah Pemuda itu dibacakan di depan kongres.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*