Hadapi Era Disrupsi, Universitas Pertamina Siapkan Lulusan dengan Keterampilan Kerja

Wisuda Universitas Pertamina. (Dok.Universitas Pertamina)
Wisuda Universitas Pertamina. (Dok.Universitas Pertamina)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kini sedang terjadi fenomena disrupsi (disruption) dan VUCA (Volatile, Uncertain, Complex, Ambigue). Pergerakan dunia industri dan persaingan kerja tak lagi linear. Perubahan ini terjadi secara cepat serta menciptakan tatanan baru.

Di era disrupsi dan VUCA seperti saat ini, perguruan tinggi dituntut agar berkontribusi lebih besar dalam memberikan pelayanan publik melalui berbagai penelitian yang menghasikan inovasi serta teknologi tepat guna yang memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Tetapi, masih ada persoalan, yakni jumlah peneliti yang masih kurang, riset nasional yang belum fokus, dan pendanaan riset yang masih rendah.

BACA JUGA:

Nah, dalam situasi yang serba berubah ini, World Economic Forum merekomendasikan 10 keterampilan kerja yang harus dimiliki setiap orang agar dapat menembus persaingan kerja, yaitu:

  1. Pemecahan masalah yang rumit (complex problem solving)
  2. Berpikir kritis (critical thinking)
  3. Kreatif
  4. Manajemen
  5. Koordinasi dengan orang lain
  6. Kecerdasan emosional
  7. Pengambilan keputusan
  8. Orientasi layanan
  9. Negosiasi
  10. Cognitive flexibility

Melihat kondisi ini, Universitas Pertamina membekali para mahasiswa dengan dua mata kuliah yang dapat membantu mereka menjadi sumber daya manusia unggul yang siap bersaing di dunia kerja. Kedua mata kuliah tersebut adalah Creative Problem Solving dan Critical Thinking.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*