Orangtua Kerja di Kantor, Anak Belajar Online di Rumah, Ini yang Harus Dilakukan

Ilustrasi: Anak masih belajar online di rumah. (Ist.)
Ilustrasi: Anak masih belajar online di rumah. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Saat masa new normal, para pekerja sudah diwajibkan untuk hadir secara fisik di kantor. Tapi di lain sisi, anak-anak tetap menjalani sekolah online. Kondisi ini tentu membuat orangtua tak lagi bisa mendampingi anak saat belajar di rumah.

BACA JUGA:

Inilah saatnya orangtua memberikan dan mengajarkan tanggung jawab kepada anak-anak. Namun, pemberian tanggung jawab tergantung usia si anak. Pada dasarnya, setiap anak perlu diberikan tanggung jawab. Orangtua juga perlu terlibat aktif untuk memberikan contoh konkret kepada anak untuk jalankan tanggung jawabnya, supaya anak juga merasa terbantu.

Jika di rumah ada orang dewasa, seperti Asisten Rumah Tangga (ART) atau kakek dan neneknya, orangtua sebaiknya tidak melepaskan tanggung jawab dalam memperhatikan proses belajar anak. Orangtua harus tetap melakukan pemantauan terhadap aktivitas belajar anak.

ART atau kakek dan nenek yang berada di rumah juga perlu belajar penggunaan aplikasi belajar online. Namun, lagi-lagi ini juga tergantung usia si anak. Untuk anak usia sekolah dasar, misal kelas 3 ke atas pasti sudah bisa dan memahami cara penggunaan aplikasi belajar online. Namun, yang perlu dilakukan adalah pengawasan atau pemantauan saat jam belajar.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*