Dies Natalis Unika Atma Jaya ke-60, Be Digital, Go Global, Build Society

Ilustrasi: Kampus Unika Atma Jaya Semanggi, Jakarta. (Ist.)
Ilustrasi: Kampus Unika Atma Jaya Semanggi, Jakarta. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta berusia 60 tahun tepat pada 1 Juni 2020. Tanggal ini juga bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila. Unika Atma Jaya didirikan sekelompok cendekiawan muda Katolik pada 1 Juni 1960.

BACA JUGA:

Rektor Unika Atma Jaya Jakarta, Agustinus Prasetyantoko mengatakan, sebagai salah satu universitas Katolik, Unika Atma Jaya wajib mengikuti hukum Gereja Ex Corde Ecclessiae (ECE), Konstitusi Apostolik tentang Universitas Katolik yang diterbitkan Paus Yohanes Paulus II pada 1990.

Salah satu pesan penting konstitusi tersebut adalah bahwa semua perguruan tinggi yang menggunakan landasan Katolik wajib memperhatikan masyarakat yang terpinggirkan (preferential option for the poor). Maka, Prasetyantoko menegaskan bahwa Unika Atma Jaya juga memikul tanggung jawab bagi kemajuan kelompok yang terpinggirkan.

Prasetyantoko menjelaskan, di tengah pesatnya perkembangan teknologi, serta hadirnya teknologi di bidang big data, deep learning, internet of things, perguruan tinggi menghadapi era-disrupsi dalam dua hal besar. Dua hal besar itu adalah kemajuan teknologi pembelajaran dan seluruh disrupsi yang membawa implikasi, baik yang positif maupun negatif.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*