Selamat, 61.355 Siswa Diterima UIN/IAIN/STAIN Lewat Jalur SPAN-PTKIN? Cek di Sini Nama Kamu

Peserta didik SMA sederajat
Peserta didik SMA sederajat (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hasil ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) ke UIN/IAIN/STAIN yang disebut dengan Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) telah resmi diumumkan, Jumat, 10 April 2020.

SPAN-PTKIN 2020 diikuti 58 PTKIN dan 1 PTN seluruh UIN/IAIN/STAIN. SPAN-PTKIN 2020 diikuti oleh 263.061 siswa dari 11.195 sekolah yang mendaftar. Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan tahun 2019 yang diikuti oleh 272.629 siswa.

Dari 263.061 peserta, sebanyak 61.355 siswa dinyatakan lulus seleksi SPAN-PTKIN 2020. Nah, jika kamu termasuk yang mendaftar UIN/IAIN/STAIN Lewat Jalur SPAN-PTKIN 2020 ini, buruan cek nama kamu di tautan di bawah ini dengan memasukkan nomor pendaftaran.

BACA JUGA:

Klik hasil SPAN-PTKIN 2020 di sini: http://pengumuman.span-ptkin.ac.id. Selamat buat yang sudah diterima dan silakan mengikuti proses verifikasi dan/atau pendaftaran ulang yang ditetapkan oleh masing-masing PTKIN.

Diketahui, SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh seluruh PTKIN harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.

PTKIN sebagai penyelenggara pendidikan setelah SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah dapat menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di PTKIN berdasarkan rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah.

Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di UIN/IAIN/STAIN melalui SPAN-PTKIN dengan mengikuti jadwal seleksi mulai Pengisian PDSS pada 6 Januari – 10 Februari 2020 lalu hingga proses seleksi II 16-20 Maret 2020 lalu. Hasilnya diumumkan Jumat, 10 April 2020.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*