Mahasiswa Kembali Bergerak, Inilah Sejarah Gerakan Mahasiswa, dari Boedi Oetomo Sampai Era Reformasi

Gerakan mahasiswa tahun 1998 (Ist.)
Gerakan mahasiswa tahun 1998 (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Beberapa elemen mahasiswa kembali menggelar unjuk rasa di sejumlah daerah. Mereka menolak upaya-upaya sistematis untuk melemahkan lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tuntutan itu juga merembet ke penolakan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) dan yang lain.

Gerakan mahasiswa di negeri sejatinya bukanlah hal baru. Mahasiswa atau pemuda selalu berada di garda depan mengusung perubahan di negeri ini. Yuk kita intip sejarah pergerakan mahasiswa di Indonesia!

BACA JUGA:

Gerakan mahasiswa di Indonesia telah dimulai jauh sebelum kemerdekaan. Boedi Oetomo menjadi salah satu wadah perjuangan mahasiswa pertama di Indonesia. Ia didirikan di Jakarta, 20 Mei 1908 oleh mahasiswa yang sedang studi lembaga pendidikan STOVIA. Pada saat bersamaan, para mahasiswa Indonesia yang sedang studi di Belanda, salah satunya Mohammad Hatta mendirikan Indische Vereeninging yang menjadi cikal bakal Perhimpunan Indonesia, tahun 1925.

Wadah-wadah itu menjadi penanda kemunculan gerakan mahasiswa yang terstruktur. Beberapa tahun kemudian, banyak muncul organisasi kemahasiswaan di berbagai kota, hingga memuncak pada peristiwa Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*